Sabtu, 03 Oktober 2020

Satu Orang Warga Binaan Rutan Dumai Meninggal Dunia Positif Terinfeksi Covid 19

DUMAI,wartapembaruan.id-Salah seorang warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Dumai meninggal dunia dikarenakan terpapar Covid-19.

Pasien yang berinisial EK tersebut diketahui termasuk orang bergejala, karena sebelumnya yang bersangkutan sudah mengeluhkan sesak nafas dan sempat diberi obat oleh petugas klinik Rutan Dumai.

Hal ini disampaikan Kepala Rutan Kelas II B Dumai, Pance Daniel Panjaitan kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

"Keluhan sesak nafas yang dirasakan pasien pada Rabu, 23 September 2020 lalu dan sudah sempat ditangani oleh pihak klinik dengan memberikan obat,"terang dia.

"Namun ternyata kondisinya terus menurun sehingga kami rujuk ke RSUD Dumai"sebut Panjaitan lagi.

"Bahkan pada Senin, 29 September kemarin kami mendapat kabar, jika pasien sudah meninggal dari pihak RSUD,"terangnya lagi.

"Yang bersangkutan meninggal dunia, sekitar pukul 10.50 WIB. Untuk itu kami mengucapkan bela sungkawa dan turut bersuka cita kepada keluarga korban yang ditinggalkan,"ungkap dia lagi.

"Di hari yang sama pula, yang bersangkutan langsung dimakamkan sesuai protokol kesehatan Covid-19,"sebut
mantan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Tahanan pada Rumah Negara Kelas I Jakarta Pusat.

Karutan Dumai juga mengatakan sebelumnya warga binaan yang terpapar melaksanakan swab test bersama Dinas Kesehatan Kota Dumai mulai dari Rabu, 23 September sampai Jumat, 25 September 2020.

"Hasilnya kami terima 29 September 2020. Hasil yang kami terima dari gugus tugas Covid-19, menyatakan 29 warga binaan positif terpapar Covid-19," terangnya.

Saat ini, kondisi warga binaan yang terpapar Covid-19 tengah diisolasi di kamar terpisah bahkan di blok terpisah juga.

"Mereka tidak kita campur dengan warga binaan yang negatif Covid-19,"ungkapnya.

Sedangkan bagi yang terpapar Covid-19 terlihat sehat dan tanpa gejala, kondisinya baik-baik saja, setiap pagi, rutin berolahraga, petugas juga terus memantau kesehatannya.

Sesuai hasil pertemuan dengan gugus tugas Covid-19 Kota Dumai, pihaknya akan kembali melakukan swab tes kepada warga binaan juga kepada petugas Rutan Dumai. "Demi memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona,"ujarnya.(*r/muhardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar