Rabu, 09 September 2020

TPS Sampah Pasar Simpang Dock Yeard Jalan Syeh Umar Dumai Tidak Layak

DUMAI,wartapembaruan.id-Sejak dua tahun belakangan ini pasar simpang Dock Yeard Dumai beroperasi, pasar tersebut tidak terlepas dari sampah yang harus di tanggulangi dan di tangani oleh dinas terkait seperti dari KLH bidang kebersihan, yang mana hampir setiap harinya tumpukan sampah limbah pasar maupun sampah warga masyarakat dari berbagai jenis sampah di tumpukan di satu tempat, seperti kita lihat selama ini sampah sampah yang bersumber dari pasar Dock Yeard maupun dari sampah masyarakat sekitarnya di buang dan tumpukan di ujung jalan bekas perumahan Patra Dock Yeard tepatnya lokasi sampah sampah tersebut di tumpukan dan dikumpulkan disekitar pinggir perempatan jalan menuju purnama. Terkesan TPS sampah tersebut tidak layak, apabila warga masyarakat pengendara melewati perempatan jalan tersebut selalu tercium bau aroma busuk yang menyengat hidung,akibat adanya tumpukan sampah dari limbah pasar Dock Yeard dan dari sampah warga yang setiap hari mereka buang di lokasi TPS sampah tersebut.

Terkait masalah sampah yang berada di pinggir perempatan jalan menuju purnama yang selama ini sampah sampah tersebut tidak layak di buang di lokasi tersebut dan sudah meresahkan itu, maka pihak Perusahaan PT.Patra niaga Dock Dumai menyikapi dan melayangkan surat kepada instansi terkait antara lain ke Kecamatan,Kelurahan maupun ke KLH bidang kebersihan, supaya segera dilakukan pemindahan tempat pembuangan sampah (TPS) ketempat yang lebih layak tidak seperti saat ini sampah sampah di kawasan ini bertumpuk di pinggir jalan menimbulkan bau busuk menyengat hidung dan merusak keindahan pemandangan Kota.

Akhirnya pihak Dinas terkait merespon dan langsung turun cros cek ke lapangan,kelokasi tempat pembuangan sampah (TPS) tersebut. Pada saat itu turut hadir dari dinas KLH Kota Dumai yang mewakili, Lurah Pangkalan Sesai, Babankamtipmas, pihak perusahaan PT.Patra Niaga dan warga masyarakat lainnya.

Pada saat itu juga sampah sampah tersebut langsung di bersihkan dan dipindahkan ketempat pembuangan sampah dengan menggunakan alat escapator.

Pada waktu dan tempat di lapangan salah seorang warga masyarakat berinisial Kasno (50) warga jalan nelayan pada 9/9-2020 ia mengatakan, masalah tempat penumpukan pembuangan sampah dilokasi saat ini sudah berjalan sejak pasar dock beroperasi dua tahun belakangan ini. Kita berharap kepada Pemda melalui KLH Kota Dumai supaya di sini disediakan tempat prasarana pembuangan dan penimbunan sampah yang layak. Kalau bisa tempat pembuangan sampah disini di tarik agak menjorok ke dalam dari lokasi TPS saat ini, jadi tidak menganggu dan jauh dari pencemaran dari limbah sampah yang ada di kawasan ini, terangnya.
Apa lagi lanjutnya, di sini ada lapangan bola kaki yang setiap hari yang sering digunakan orang untuk bermain bola, masak di depan lapangan banyak sampah yang bertumpukan dan menimbulkan bau aroma limbah yang tak nyaman di hidung. Kita minta segera direalisasikan oleh dinas terkait seperti KLH Kota Dumai melalui bidang kebersihan, ujar Kasno menutup pembicaraannya.(muhardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar