Minggu, 27 September 2020

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

RIAU,wartapembaruan.id-Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai (Permai), Riau, Jumat, 25 September. Peresmian dilakukan secara virtual dari Istana Negara mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Acara peresmian dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai. Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mewakili pemerintah hadir langsung di lokasi proyek. Presiden dan jajaran lainnya mengikuti dari istana.

"Tol ini sudah dapat beroperasi penuh. Jalan ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Dumai sebagai kota industri perminyakan dan agribisnis yang maju," ujar Presiden Jokowi lewat video conference, Jumat, 25 September 2020.

Tol Permai memiliki panjang 131,5 kilometer dan menelan biaya pembangunan sebesar Rp12,18 triliun. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung-Aceh.

Infrastruktur ini dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera, dalam enam seksi yang melintasi empat kabupaten dan kota di Riau. Tol ini punya keunikan karena untuk pertama kalinya menggunakan terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera, di sejumlah wilayah jelajah hewan endemik yang terancam punah itu.(int)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar